Skip to main content

Review Daycare Depok



Hai semuanya!

Sesuai dengan story Instagram ku beberapa waktu yang lalu, aku mau share soal daycare-daycare di Depok. Salah satu alasanku memulai survey daycare ini adalah karena aku ada wacana untuk bekerja kembali dalam waktu dekat. Mungkin banyak yang bingung kenapa aku memilih daycare padahal di rumah sebetulnya masih ada Enin-nya Kai dan ART. Tapi untuk hal itu, nanti aku bikin post sendiri aja ya. Untuk post kali ini aku akan fokus membahas daycare-daycare yang sudah aku survey di area depok.


A. RUMAH CERDAS

Jujur, Rumah Cerdas sebetulnya adalah kandidat utama kami pada awalnya. Mengapa? Karena lokasinya yang dekat dari rumah (lokasinya masih di dalam komplek rumah kami), dan pernah baca beberapa review juga katanya Rumah Cerdas ini cukup oke.

Guru/ Pengasuh
Saat kami sampai disana, kami disambut oleh salah satu guru pengasuh. Kesan yang kami dapat pertama kali adalah guru-gurunya sangat keibuan dan penyabar. Karena terlihat beberapa anak attached dengan para pengasuhnya. Sebuah nilai plus tentunya. Untuk Rasio guru:murid adalah 1:3.

Fasilitas/ Mainan
Saat kami berkeliling melihat-lihat fasilitasnya, kami kurang sreg dengan beberapa mainan dan fasilitas yang kurang terawat serta kurang tertata. Mainan yang kami lihat juga tidak terlalu banyak. Selain itu, untuk akses ke ruang aktifitas, anak-anak harus melewati area dapur yang mana menurut saya cukup berbahaya walaupun pasti tetap dipantau oleh para pengasuhnya.







Ruang Tidur dan Kamar Mandi
Ruang Tidur laki-laki dan perempuan dipisah. Namun per anak tidak ada matras sendiri-sendiri. Untuk kamar mandi laki-laki dan perempuan dipisah juga.

CCTV
Belum menyediakan CCTV.

Biaya
Uang Pendaftaran: Rp 150.000,-
Biaya Member: Rp 1.500.000,- (bisa dicicil 3x)
SPP perbulan: Rp 1.914.000,-
Daycare harian: Rp 150.000,-/hari

*) biaya di atas sudah termasuk biaya makan.

Rumah Cerdas Depok
Pesona Depok II Blok AO No.6
08119443997


B. DANDELION DAYCARE PLUS

Sebelum survey-survey, saya sempat browsing-browsing dulu daycare di area depok. Dan salah satu daycare yang bikin saya naksir berat adalah Dandelion Daycare ini. Buat saya yang jarang banget nemuin Daycare bagus di daerah Depok, melihat foto-foto di facebook Dandelion Daycare ini bikin bahagiaaa banget.

Guru/ Pengasuh
Rasio pengasuh:anak disini adalah 1:4. Beberapa pengasuh memiliki latar belakang pendidikan PAUD, dan ada juga yang SMA. Sebagai tambahan informasi, pemilik daycare adalah dosen PAUD dan secara rutin mengadakan edukasi kepada guru/pengasuh di Dandelion Daycare.

Fasilitas/ Mainan
Di Dandelion, fasilitasnya sangat bersih. Saya 3x datang kesini, dan setiap saat saya datang kondisi fasilitas selalu bersih. Mainan juga cukup banyak dan terorganisir. Ada outdoor playground, indoor playground, dan ada beberapa mainan juga yang terletak di dalam ruang stimulasi. Oh iya, di Dandelion ada kunjungan rutin Dokter Anak, Dokter Gigi dan Psikolog per 3 bulan.








Credit: Facebook Dandelion Daycare Plus


Ruang Tidur/ Kamar Mandi
Ruang tidur di pisah sesuai range usia anak. Untuk anak dibawah 3 tahun, laki-laki dan perempuan masih tidur didalam kamar yang sama, namun setiap anak memiliki matras masing-masing. Untuk kamar mandi dipisah laki-laki dan perempuan. Di setiap kamar mandinya, dibagi lagi menjadi beberapa bilik.

CCTV
Dandelion menyediakan CCTV yang bisa diakses oleh orangtua.

Biaya
Monthly Payment untuk 5 days/week: Rp 2.700.000,-
Monthly Payment untuk 3 days/week: Rp 1.800.000,-
Pendaftaran: Rp 1.000.000,-
Biaya member pertahun: Rp 1.000.000,-

*) Biaya sudah termasuk makan besar 3x, snack 1x, buah 1x.

  
Dandelion Daycare Plus
Jl. Kenanga No. 2, Pancoran Mas, Depok
0217775342


C. INDONESIA PLAYSCHOOL

Indonesia Playschool ini berada di dalam yayasan milik Kak Seto, jadi Kak Seto masih ikut merumuskan visi dan misi sekolah ini.

Guru/ Pengasuh
Rasio pengasuh:anak disini adalah 1:3

Fasilitas/ Mainan
Fasilitas yang kami lihat saat kami survey kemarin seperti ruangan daycare dan kamar mandi agak gelap, dan letaknya di lantai atas. Menurut kami agak riskan saja kalau seumur Kai harus naik turun tangga. Selain itu, menurut kami mainannya kurang banyak.






Ruang Tidur/ Kamar Mandi
Lupa aku tuh bagian ini… haha maaf ya ibu-ibu.

CCTV
Tidak ada.

Biaya
Pendaftaran: Rp 200.000,-
Uang Pangkal: Rp 4.500.000,-
Bulanan: Rp 1.500.000,-
Makanan/bulan: Rp 500.000

Indonesia Playschool
Jl. IR. H. Juanda Ruko Pesona View Blok A no.6
0217703994


D. AL-FIKRI DAYCARE

Daycare Al-Fikri merupakan bagian dari Sekolah Al-Fikri. Sekolah yang udah ibu incer dari sekarang buat TK dan SD nya Kai. Hahaha. Daycare Al Fikri ini berbasis islam, jadi sebenarnya nilai plus banget karena dari kecil sudah ditanamkan nilai-nilai islam.

Guru/Pengasuh
Asli sih, Kai langsung nempel sama guru di Al-Fikri hahaha. Mau-mau aja dia diajak liat ayam, liat ikan, main di playground sama gurunya. Ayah Ibu cuma ngintil aja di belakang. Guru-gurunya memang kelihatan sangat keibuan dan penyayang sih, pintar banget menarik hati anak-anak.

Fasilitas/Mainan
Fasilitas cukup bersih. Ada kolam ikan –otomatis kai betah, ada playground outdoor. Untuk mainannya juga cukup banyak. Di Daycare Al Fikri juga ada kunjungan rutin Dokter Umum dan Dokter Gigi per 6 bulan.









Ruang Tidur dan Kamar Mandi
Ruang Tidur masih digabung namun setiap anak ada matrasnya masing-masing. Kamar mandi juga masih digabung, namun selalu dalam pengawasan dan didampingi guru.

Biaya
Pendaftaran: Rp 300.000,-
Biaya Member: Rp 2.700.000,-
SPP Bulanan: Rp 1.100.000,-
Biaya Kegiatan: Rp 300.000,-

*)tidak termasuk biaya makan

 Al-Fikri Daycare
Jl. Raden Saleh
02177826868


Sekian ibu-ibu sharingku. Semoga membantu para orang tua yang sedang mencari info tentang daycare di daerah depok. :)


Cheers,
Diandra


Comments

Popular posts from this blog

Review dan Rekomendasi Dokter Spesialis Anak (DSA) Jakarta Selatan

Hi, everyone! It’s been a while. Kali ini aku mau bahas kembali tentang Dokter Spesialis Anak. Kenapa dibahas lagi? Karena sejak setahun terakhir ini, Kai sempet beberapa kali ganti dokter karena sering kali nggak dapet slot antrian Dokter Margareta Komalasari (Dokter Eta). Padahal selama ini udah cocok banget sama Dokter Eta :(. Paling sedih itu sebenernya kalau dadakan butuh konsul, pasti slotnya udah full atau antriannya panjang sekali.'   Beberapa kali pernah sih, karena urgent kita sampai telepon ke Dokter Etha langsung biar bisa ‘diselipin’. Tapi nggak mungkin kayak gitu terus kan. Selain nggak enak sama pasien lain yang antri, suka atut juga aku tuh dijutekin sm suster-suster poli :p. Semenjak kita sering kesulitan dapet slot antrian Dokter Eta, mau nggak mau aku harus cari opsi lain. Sekarang kriterianya jadi nambah : Dokter friendly, RUM, dan antriannya nggak panjang! Hahahaha. Padahal ya sebenernya kalau dokter friendly dan RUM udah pasti banget jadi dok

Dokter Spesialis Anak (DSA) Kaibirru

Hai all! Wah, udah lama gak update blog ya… haha. Barusan abis blogwalking terus tiba-tiba keinget sama blog sendiri yang udah lama terbengkalai~. Anyway, kali ini aku mau bahas tentang dokter spesialis anak Kai yang sempet gonta-ganti sekian kali haha. Seperti yang udah aku ceritakan sebelumnya, Kai lahir di RS Mitra Keluarga Depok. Nah, setelah lahir DSA yang memeriksakan adalah Dokter Yusnita. Aku cuma beberapa kali aja ngobrol sama beliau selama di rumah sakit, dan selanjutnya cuma vaksin sekali karena aku mau coba cari DSA lain yang siapa tahu lebih sreg di hati hehehe. Setelah baca-baca review orang akhirnya aku konsul ke Dokter Rastra di Hermina Depok. Namun sayangnya, aku kurang cocok sama beliau. Mungkin karena aku prefer dokter yang lebih “bikin adem” dan friendly kali ya. sementara dokter Rastra ini tipe yang blak-blak an kalo ngomong. Apalagi waktu itu aku baru banget melahirkan, masih baby blues pula. Sensitifnya ampun-ampunan haha. Emang perkara DSA ini coc